Wednesday, November 5, 2014

Objek Wisata Sejarah Situs Ciburuy Garut




Ciburuy merupakan sebuah daerah di kaki gunung Cikuray Garut tepatnya di desa Pamalayan Kecamatan Cigedug sekitar 23 km jaraknya dari pusat kota Garut ke arah Selatan. Tempat ini sangat diistimewakan oleh pemerintah Garut dan para ahli sejarah karena di Ciburuy ini terdapat beberapa macam peninggalan yang sangat berharga yang merupakan peninggalan dari kerajaan Sunda pada zaman dahulu dan sampai saat ini masih tetap terpelihara dengan baik.
Jarang sekali pada zaman sekarang ini ada yang dapat memelihara budaya serta adat dari para leluhurnya. Terutama dalam merawat benda-benda pusaka seperti yang terdapat di situs Ciburuy ini. di sini banyak sekali benda-benda pusaka seperti keris, kujang, kitab, naskah Sunda, peso pagot, trisula dan lain sebagainya yang merupakan peninggalan dari para leluhur zaman dahulu dan dikeramatkan. benda-benda tersebut sampai saat ini masih tetap terpelihara dengan baik apalagi ketika bulan Muharam yang merupakan bulan baru dalam agama Islam datang, banyak sekali orang berdatangan untuk menyaksikan acara ritual memandikan benda pusaka.

Di tempat ini terdapat sebuah bangunan  yang dinamakan dengan sebutan rumah adat Ciburuy. Yang mana bangunan ini terbuat dari atap ijuk dan berada di lahan yang luasnya sekitar 5.300 meter persegi atau sekitar 380 tumbak menurut masyarakat setempat. Bangunan ini jauh dari perumahan penduduk dan memiliki bangunan besar dan tinggi. Terdapat dua bangunan yaitu yang pertama dinamakan dengan Bumi Patonan yang digunakan untuk menyimpan benda-benda pusaka. Dan yang kedua dinamakan dengan Bumi Padaleman yang sangat dikeramatkan karena di bangunan ini terdapat beberapa kitab yang ditulis pada daun lontar dan nipah yang berjumlah sekitar 750 lembar yang sebagian masih terpelihara dan sebagian lagi sudah rusak dan sulit untuk dibaca.
Kemudian lagi ada hal unik yang disebut dengan “tukuh Ciburuy”. Yaitu sebuah kebiasaan baik dari para warga kampung Ciburuy dalam mentaati aturan yang sudah ada dari zaman dahulu. sebagai contoh yaitu ketika upacara Seba datang yaitu pada bulan Muharam saat memandikan semua benda pusaka. Semua warga kampung Ciburuy wajib hadir baik yang menetap di kampung itu ataupun yang sedang mengembara ke daerah lain. Dan masyarakat tetap mantaati dan menjalankan aturan tersebut sampai saat ini, maka disebutlah dengan tukuh Ciburuy.




No comments:

Post a Comment

About Me

Share By Download Blogger Templates Free