Tuesday, September 27, 2016

Makanan Tradisional Khas Garut




Masih membahas makanan oleh-oleh Garut namun kali ini akan membahas makanan khas Garus yang rasanya gurih, anak muda banget nih. Yuk simak pembahasannya, bermanfaat buat Anda yang ingin membuat list buah tangan sepulang dari Garut.
Dorokdok



Yang sangat gurih dan bikin ketagihan adalah si renyah bernama dorokdok memiliki  rasa yang khas tidak ada duanya, dinamakan dorokdok karena ketika dikunyah akan terdengar sura “dorok...dok...dorok..dok”. Dorokdok adalah cemilan berbahan dasar kulit kerbau namun dapat pula dinikmati dengan bermacam sayur, bakso atau soto. Cara pembuatan kerupuk kulit dorokdok bisa dikatakan tidak semudah yang dibayangkan hal itu dikarenakan melalui beberapa tahapan dan memerlukan waktu berhari-hari, bergantung pada cuaca juga karena kulit harus dikeringkan. Untuk menghasilkan dorokdok yang enak tiada duanya dipilih kulit kerbau yang masih berusia muda, selain lebih mudah dalam proses pengolahannya rasanya pun akan lebih enak. Anda pelancong kota Garut dapat membeli dorokdok dengan beragam varian rasa seperti rasas original, manis, asin, gurih, dan pedas di berbagai sentra oleh-oleh Garut hanya dengan mengeluarkan uang dua ribu rupiah hingga dua puluh empat ribu rupiah tergantung ukuran kemasan.
Endog Lewo

Makanan oleh-oleh Garut yang rasanya gurih gurih gimana gitu selanjutnya adalah endog lewa atau nama lainnya yaitu emplod, wah apa lagi nih? Endong dalam bahasa Indonesia artinya telur lalu lewa hewan jenis apakah itu? Bukan hewan mealinkan nama sebuah daerah di Garut, jadi endog lewo berarti telur lewo yaitu makanan khas yang berasal dari daerah Lewo. Berbahan dasar tepung singkong  yang dipadu dengan bermacam racikan bumbu rahasia sehingga endog lewo ini terasa sangat gurih, renyah dan pasti membuat ketagihan. Bentuknya bulat seperti pilus namun berukuran lebih besar cocok untuk menemani perjalanan traveling Anda.
Rangginang

Makanan oleh-oleh Garut yang renyah dan gurih akan dibahas pada paragraf terakhir ini yaitu rangginang, terdengar agak kurang kekinian tetapi sahabat pembaca akan ketagihan jika sudah pernah mencobanya. Rangginang merupakan cemilan yang terbuat dari beras ketan hitam maupun beras ketan putih namun jika Anda melancong ke Garut mungkin akan menemukan rangginang berwarna merah muda atau kuning atau warna lainnya hal itu karena kreasi para pembuat rangginang dengan menambahkan pewarna makanan pada beras ketan putih. Cara membuatnya cukup mudah hanya tinggal dipasak seperti menanak nasi biasa kemudian dijemur hingga kering, semakin kering maka rangginang akan semakin mengembang ketika digoreng. Tidak perlu mengkhawatirkan budget buah tangan yang harus dikeluarkan karena hanya dengan tiga puluh ribu rupiah anda sudah mendapatkan satu kilo gram rangginang.







No comments:

Post a Comment

About Me

Share By Download Blogger Templates Free