Wednesday, May 25, 2016

Wisata Pendakian Gunung Papandayan Garut




Diantara banyak kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup lengkap. Dari mulai pantai, air terjun, pemandian air panas, sampai kepada wisata bersejarah pun terdapat di daerah Garut. Tak hanya itu, Garut juga menjadi tujuan para pendaki karena terdapat beberapa gunung yang selalu menjadi pilihan para pendaki dari berbagai daerah. Salah satu gunung yang banyak pengunjungnya adalah gunung Papandayan dan gunung Cikuray. Kedua gunung ini memang selalu menjadi tujuan utama para pendaki karena memiliki panorama alam yang indah serta suasana yang aman dan nyaman.

Gunung papandayan memang berdekatan dengan gunung cikuray, namun gunung papandayan merupakan salah satu gunung aktif atau berapi di Jawa Barat. Terakhir kali gunung ini meletus yaitu pada tahun 2004, namun tak ada korban jiwa karena gunung Papandayan hanya mengeluarkan lahar dingin. Sampai sekarang ini, gunung papandayan masih aktif dan terdapat kawah di bagian puncaknya. Walaupun aktif dan sering mengeluarkan gas panas, namun gunung berapi ini aman untuk dikunjungi. Setiap hari libur akhir pekan ataupun hari libur nasional, banyak para pendaki yang sengaja datang ke gunung papandayan untuk menikmati suasana indah panorama alam yang benar-benar mempesona.


Alasan banyak orang mendaki gunung papandayan terutama pada musim kemarau karena dari puncak anda dapat menikmati Susana matahari terbenam yang tenang dan damai, serta segarnya suasana saat matahari terbit. Disana juga terdapat sebuah padang bunga edelwis atau bunga abadi yang terhampar luas dan sangat menakjubkan. Tak hanya itu, disana juga terdapat pos pengamanan yang akan mengontrol para pendaki supaya tetap aman berada di puncak gunung papandayan yang memiliki ketinggian di atas 2.000 meter dari permukaan air laut.

Akses jalan untuk menuju gunung ini cukup mudah, yaitu jika anda datang dari arah Garut kota, maka anda tinggal melanjutkan perjalanan ke arah selatan dengan jarak 20 km. Tepatnya di daerah kecamatan Cisurupan, disana anda akan terlihat betapa jelas gunung Papandayan menjulang tinggi. Dari alun-alun Cisurupan, anda mesti menggunakan kendaraan khusus seperti mobil off road untuk bisa mendaki sampai ke terminal yang berada tepat di pintu gerbang kawah dengan jarak sekitar 5 Km. Atau anda juga dapat menggunakan jasa angkutan bak terbuka yang banyak tersedia di sekitar alun-alun kecamatan Cisurupan.



No comments:

Post a Comment

About Me

Share By Download Blogger Templates Free