Tuesday, September 26, 2017

Hiburan Bermakna di Objek Wisata Candi Cangkuang Garut




Kabupaten Garut memang layak untuk disebut sebagai Swiss Van Java atau kota Swiss nya di Jawa. Hal tersebut memang terlihat sama karena suhu udara di kabupaten Garut memang sangat menyegarkan seperti layaknya di beberapa kota di Negara Swiss namun di Garut tidak ada salju seperti kebanyakan daerah di Swiss. Akan tetapi, kota yang terkenal dengan Jeruk dan juga Domba nya ini memiliki banyak potensi wisata, dari mulai wisata alam seperti gunung, air panas, air terjun, danau, sampai kepada pantai. Juga wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja, dan masih banyak potensi lainnya yang perlu dikembangkan dan berada di kabupaten Garut.
 
Salah satu objek wisata yang terkenal dengan wisata alam sekaligus wisata budaya dan juga sejarah yaitu objek wisata Situ (danau) cangkuang dan juga Candi Cangkuang. Danau atau Situ dalam bahasa Sunda ini memiliki luas yang tidak terlalu besar namun mengelilingi sebuah pulau kecil yang merupakan tempat didirikannya sebuah Candi peninggalan Hindu. Candi ini cukup unik, karena menurut pengamatan Candi ini dibangun sekitar abad 8 M. di sekitar candi tersebut, terdapat perkampungan yang sampai sekarang ini masih tetap menganut tradisi nenek moyang dan sekarang disebut sebagai kampung adat Pulo.

 
Ada hal menarik yang dapat disaksikan dari tempat ini selain pemandangan yang sangat indah, yaitu keberadaan peninggalam Islam di sekitar candi Cangkuang yang merupakan peninggalan Hindu. Bahkan di pinggir candi terdapat makam tokoh Islam yaitu Eyang Mbah Dalem Arif Muhammad. Beliau merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di Jawa Barat. Dan masyarakat yang menghuni kampung Pulo merupakan keturunan dari Eyang Arif Muhammad. Disana terdapat hal unik yaitu dari segi bangunan rumah yang sederhana dan menghadap kiblat, masjid dengan peralatan sederhana, serta adat yang masih tetap dipakai dan dipelihara hingga kini.



Dijamin tidak akan menyesal mengunjungi objek wisata Candi Cangkuang ini, karena panorama yang sangat indah, juga disertai nilai sejarah yang tinggi sehingga banyak pelajaran yang di dapat dengan berkunjung kesini. Untuk mengunjungi Candi Cangkuang dan kampung Pulo, maka wisatawan harus menyeberang situ cangkuang dengan menggunakan rakit yang telah disediakan dengan biaya yang sangat ekonomis. Akses jalannya pun terbilang mudah dijangkau, karena berada di kecamatan Leles yang merupakan jalur menuju kota Garut dari arah Bandung dan juga Tasikmalaya. Nah jika anda ingin mengisi liburan yang menarik dan penuh makna bersama keluarga tercinta, maka objek Wisata Candi Cangkuang adalah pilihan yang paling tepat.



No comments:

Post a Comment

About Me

Share By Download Blogger Templates Free